PROPOSAL BUSSINESS PLAN
RETRO CAFÉ
Disusun Oleh:
Muhammad Hazairin
Putri Aghitstha Salsabila
Rini Astuti
Valdo Aprio
2SA07 – Unv. Gunadarma Bekasi Kalimalang
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadiran Tuhan YME, karena atas berkat dan rahmat-Nyalah penulis dapat menyelesaikan penyusunan Proposal Usaha Cafe waktu yang telah ditentukan.
Adapun maksud dan tujuan penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Kewirausahaan yang di bimbing oleh Ibu Anggia Paramita Puti Kencana
Kami sangat berharap proposal ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam proposal ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan proposal yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Bekasi, Mei 2017
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR............................................................................................................................. i
DAFTAR ISI......................................................................................................................................... ii
PENDAHULUAN................................................................................................................................. 1
A. Judul Program Usaha........................................................................................................... 1
B. Rencana Lokasi Usaha......................................................................................................... 1
C. Sarana dan Prasarana............................................................................................................1
D. Target Pelanggan………………………………………………………………………………………………………………1
E. Waktu Operasional……………………………………………………………………………………………………………1
D. Keunikan……………………………………………………………………………………………………………………………1
F. Strategi Pemasaran Promosi………………………………………………………………………………………………2
PERKIRAAN BIAYA DAN HARGA PRODUK…………………………………………………………………….………..2
A. Drink...................................................................................................................................... 2
B. Food………………………………………………………………………………………………………………………………….2
ANALISIS USAHA…………………………………………………………..………………………………….…………………..3
A. Segmentasi Pasar…................................................................................................... 3
B. Analisis SWOT………………………………………………………………………………………………….……….3
PENDAHULUAN
1. Judul Program Usaha
Membangun usaha yang mampu berkompetisi secara sehat dan mempunyai daya saing yang tinggi. Usaha yang akan dikembangkan diberi nama “ Cafe” yang bergerak dalam bidang usaha perdagangan.
2. Rencana Lokasi Usaha
Lokasi di daerah samping sekitar Kampus Gunadarma Kalimalang, dimana pengunjungnya sebagian besar merupakan para mahasiswa Gunadarma dan sebagian lagi remaja yang menginjak dewasa. Mengingat di daerah tersebut belum terdapat tempat nongkrong untuk anak muda. Dari waktu ke waktu pengunjung yang datang kesana terus meningkat. Hal ini didukung dengan lokasi yang strategis, tempat parkir yang cukup dan dekat dengan Kampus Gunadarma.
3. Sarana dan Prasarana
Sarana yang tersedia di café ini adalah tempat parkir, Musholla, ruang indoor (Full Ac) dan outdoor, toilet, akses Wifi Gratis, Panggung Musik dan Background/View Café yang dapat menjadi tempat berfoto-foto selfie untuk anak muda mengingat nuansa dari café ini adalah Retro.
4. Target Pelanggan
Orientasi bisnis ini memiliki target pelanggan dengan spisifikasi yang telah di tetapkan memiliki potensi besar, yaitu :
1. First target, adalah sasaran pelanggan mahasiswa Gunadarma untuk mencukupi makan dan minum sederhana, yang menjadi kebutuhan rutin.
2. Secondary target, adalah para kaula muda yang menginjak dewasa.
5. Waktu Operasional
Cafe dibuka mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 23.00 WIB yang mana segala kalangan dapat mengunjungi Cafe kami saat waktu senggang seperti break lunch, atau sepulang sekolah sambil mengerjakan tugas dari sekolah ataupun kampus.
6. Keunikan
Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan yaitu ”Service With Love” sehingga pelanggan merasa nyaman ketika berada dalam pelayanan Kami, dan membuat pelanggan selalu ingin kembali ke Cafe Kami karena pelayanan berkualitas yang dapat memuaskan semua pelanggan. Nuansa yang akan kami gunakan untuk Café ini adalah suasana retro dimana Perkembangan jaman yang semakin maju, justru dihadirkan terbalik oleh Cafe yang mengembalikan era 1960-1970an dalam restorannya. Sentuhan era 1960-1970an diberikan dalam beberapa ornamen di restoran, misalnya saja vespa, sepeda onthel hingga mobil Mini Cooper.
7. Strategi Pemasaran Promosi
Strategi yang akan kami terapkan di Cafe yaitu :
1. Membuat pamflet, banner dan brosur yang berisikan produk-produk yang akan kami jual dan menyebarkannya di tempat-tempat yang banyak di jangkau oleh masyarakat luas.
2. Memasang iklan di dunia internet khususnya social-media seperti facebook twitter dan instagram yang banyak di ketahui oleh para Kaula muda
3. Membuat catalog yang berisikan tentang keadaan Cafe dan berbagai macam produk yang ada, dari mulai menu utama sampai menu yang lainnya.
PERKIRAAN BIAYA DAN HARGA PRODUK
Sebagian dari menu-menu yang akan disajikan antara lain :
Drink
Ø All Kinds Of Coffee
Espresso – 16.000
Capucinno – 15.000
Mochacinno – 15.000
Ø Over Ice
Ice Lemon Tea -13.000
Ice Thai Tea - 14.000
Ice Milo - 12.000
Ice Green Tea Latte – 20.000
Ice Caramel Latte – 20.000
Ø Frappe
Frozen Mochacinno – 19.000
Frappe Caramel – 22.000
Frappe Chocolagio – 22.000
Frappe Strawberry – 21.000
Frappe Green Tea – 22.000
Ø Jelly Tea
Guava Ice Tea – 19.000
Kiwi Ice Tea – 19.000
Luchee Strawberry – 19.000
Ø Smoothies
Banana Smoothies – 18.000
Mango Smoothies – 18.000
Strawberry Smoothies – 18.000
Avocado Smoothies – 18.000
Food
Ø Snack
Sosis Kribo – 14.000
French Fries – 13.000
Crispy Mushroom – 15.000
Chicken Strip – 21.000
Ø Waffle/Pancake
Choco Waffle – 23.000
Oreo Cheese - 24.000
Almond Waffle -25.000
Nutella – 29.000
Ovomaltine – 29.000
Caramel Fudge – 25.000
Ø Salad
Chicken Salad – 25.000
Fruit Salad – 23.000
Ø Sandwhich/Burger
Smoked Beef Sandwich – 30.000
Chichken Sandwich – 28.000
Beef Burger – 25.000
Chicken Burger – 24.000
Ø Main Course
Chicken Cordon Bleu 33.000
Pasta Seafood – 30.000
Fried Rice Seafood – 27.000
Chicken Corn Soup – 25.000
Fish n Chip – 35.000
Beef Steak – 40.000
ANALISIS USAHA
1. Segmentasi Pasar
Retro Cafe membidik semua kalangan tapi lebih mengacu pada kalangan menengah kebawah seperti para Kaula Muda dan Mahasiswa dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan tetapi juga tidak mengesampingkan kualitas produk sebagai tujuan utama cafe Kami.
2. Analisis SWOT
a. Strengths
· Harga terjangkau
Merupakan salah satu strategi Cafe kami yaitu penjualan dengan harga yang terjangkau, harga yang mampu diraih oleh semua kalangan. Jika biasanya anak sekolah ataupun mahasiswa hanya memdapatkan uang saku yang terbatas dari orang tua mereka, maka jika mereka ingin sekedar hang out maka Retro Cafe kami adalah tempat yang tepat karenya menyajikan minuman dan makanan ringan dengan harga yang murah.
· Kualitas baik dan terjamin
Selain harga yang terjangkau kami tentunya memberikan kualitas yang terjamin, sumber bahan baku kami peroleh dari produsen yang sudah terjamin baik kesehatan maupun kebesihan produk.
· Memiliki ciri khas yang tidak di miliki oleh Café lain
Karenanya, cafe berkapasitas total 80 orang ini memilih retro klasik sebagai konsep Cafenya. Saat berada di dalam ruangan, suasana antic Retro dan tempo dulu tersaji, dengan koleksi. Sentuhan era 1960-1970an diberikan dalam beberapa ornamen di restoran, misalnya saja vespa, sepeda onthel, mobil Mini Cooper, jam dinding, mesin jahit hingga sepeda motor antik menghiasi ruangan, dengan lagu lagu yang diputar juga jaman dahulu era 80-90an. Mural-mural menarik juga dihadirkan untuk mengisi restoran dengan suasana klasik.
· Fasilitas lengkap
Kenyamanan akan diraih jika penyediaan fasilitasnya lengkap, maka hal itulah yang kami prioritaskan. Di Retro Cafe kami Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda dengan aman, seluruh took free Wifi, Musholla bagi umat muslim yang ingin menjalankan ibadah sholat, kamar kecil berjumlah 2 buah di setiap lantai, Panggung Musik yang Anda bisa menikmati Live Music, dan rak-rak – rak buku sebagai penunjang fasilitas bagi Anda yang ingin meluangkan waktu untuk membaca.
· Tempat yang bersih dan nyaman
“Kebersihan adalah sebagian dari iman”. Begitulah motto kami dalam menjaga kebersihan Retro Cafe kami, kami kaan menjamin kebersihan disetiap lokasi, service kebersihan meja yang cepat sehingga tidak menggangu pelanggan yang sedang menikmati kopi dan makanan mereka.
· Pelayanan yang memuaskan
Kepuasan Anda merupakan prioritas kami, kami menjunjung tinggi “Service with Love” maka kami dalam hal meyediakan produk haruslah bersih, rapi, cepat dan tepat. Hal ini kami jmain karena proses perekrutan karyawan sangatlah kami perhatikan.
· Lokasi strategis
Kami telah memilih tempat usaha kami di komplek sekitar Kampus Gunadarma lokasi ini sangatlah strategis, mudah ditemukan, merupakan rute transportasi umum, ramai dengan aktivitas mahasiswa.
b. Weakness (kelemahan)
Keberadaan bahan baku yang baik dan berkualitas sangat minim. Banyak kita temui bahan – bahan makanan yang tidak berkualitas bahkan membahayakan kesehatan. Kami harus selalu menyeleksi apa yang akan kami gunakan untuk kualitas produk kami, saat ini sangt sulit untuk memperoleh bahan baku yang berkualitas dikarenakan orang – orang sekarang ini banyak yang lebih mementingkan kepentingan sendiri dengan cara menipu orang lain untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar – besaranya.
c. Oportunities (peluang)
Terdapat banyak masyarakat khususnya anak muda yang konsumtif terhadap tempat nongkrong atau Cafe yang bernuansa santai. Lokasi yang sangat strategis dimana pengunjungnya sebagian besar merupakan para mahasiswa Gunadarma, mengingat di daerah tersebut belum terdapat tempat nongkrong anak muda untuk bersantai, nongkrong sepulang kuliah atau mengerjakan tugas kuliah atau sekedar lunch. Hal mendorong kami untuk membuka Retro Cafe yang mampu memberikan pelayanan yang bukan hanya layak namun yang terbaik.
d. Threats (ancaman)
Hambatan yang dapat membuat cafe ini tidak berhasil seperti para pesaing. Dimana akan ada banyak cafe yang akan didirikan dengan harga, menu makanan dan minuman yang bersaing. Turunnya minat konsumen terhadap Café Retro juga merupakan masalah yang cukup serius, di zaman sekarang ini telah muncul berbagai macam inovasi dalam bidang makanan dan minuman, diantaranya munculnya makanan dan minuman cepat saji dan makanan dan minuman dalam kemasan yang enak dengan harga yang terjangkau. Hal itu tentu saja dapat mengancam keberadaan Cafe seperti milik kami ini. Dan masih banyak lagi hambatan-hamabatan yang mungkin dapat menghambatan pertumbuhan dan keberhasilan cafe.
Berikut adalah ancaman – ancaman lainnya :
§ Muncul pruduk baru yang lebih unggul
§ Kenaikan harga bahan baku karena terbatas
§ Adanya kompetitor yang lebih di kenal masyarakat